Polisi Berhasil Menangkap Otak Kerusahan Lapas Sialang

Spread the love

Identitasprime.com – Riau – Kepolisian Daerah Riau berhasil menangkap otak kerusuhan Lapas Sialang Bungkuk yang mengakibatkan  ratusan narapidana (napi) melarikan diri.

Kapolda Riau Irjen Pol Drs Zulkarnain saat press release mengatakan tertangkapnya otak kerusuhan Lapas bernama Iwan Nina setelah Dit Reskrimum melakukan pengejaran terhadap tersangka yang selalu berpindah tempat.

“Iwan bahkan sempat bersembunyi di Desa Padang Lua yang merupakan desa terpencil di kaki gunung Marapi di wilayah Sumatera Barat selama sebulan,” ujar Irjen Pol Zulkarnain, Sabtu (24-06-2017).

Kapolda menuturkan sebelum kejadian kerusuhan di Lapas, seorang rekan Iwan bernama Aan mengajak untuk melarikan diri. Kemudian Iwan yang sudah divonis selama 12 tahun karena kasus Narkoba merancang pelarian dengan memanfaatkan kegiatan sholat Jumat secara bergantian.

“Kesempatan dalam kondisi lepas / tidak dalam sel dimanfaatkan oleh Iwan untuk memprovokasi rekan rekan napi lainnya sehingga terjadi kondisi chaos dan napi melarikan diri dari arah bengkel Rutan Sialang Bungkuk menuju keluar,” kata Kapolda.

“Dalam penangkapan Iwan, kami sedang mengembangkan lagi tentang siapa saja yang berperan atas pelariannya,” tutur Kapolda Riau Irjen Pol Drs Zulkarnain.

[Humas Polda Riau]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*