Pontoh Apresiasi Putusan Djabes Gaghana Agar Rakyat Produksi Minyak Kelapa Dibanding Kopra

Spread the love

SANGIHE, IdentitasPrime – Himbauan Bupati Djabes Gaghana kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk lebih baik memproduksi Minyak Goreng daripada memproduksi Kopra, menuai support dari pemerhati Ekonomi Sulut, Evert Pontoh SE.
“Imbauan Pak Bupati Sangihe itu saya nikai sangatlah jitu. Dari segi keuangan saja, jika kelapa langsung kita olah menjadi Minyak Kelapa tanpa lewat proses Kopra saja, sudah menghemat waktu dan biaya,” katanya.
Masih dari segi ekonomi, lanjut Pontoh, dengan memproduksi minyak kelapa sendiri, masyarakat sudah menyediakan keperluan dapur pribadi tanpa harus membeli minyak kelapa di pertokoan atau oasar dengan harga menjulang,” tutur Pontoh.
Apa yang dikatakan Bupati Sangihe, lanjut dikatakan Evert Pontoh, merupakan jurus paling ampuh menguasai pasaran.
“Selain jadi penerobos dan solusi untuk menangkal murahnya harga jual Kopra, kita dapat memberdayakan tenaga kerja lokal seperti anak-cucu kita. Dengan memproduksi Minyak Kelapa tanpa mereka harus merantau cari pekerjaan diluar daerah lagi,” pungkas Pontoh sembari menambahkan, sebaiknya juga masyarakat hentikan penebangan Pohon Kelapa.
“Kenapa harus dipotong, pelihara dan rawat saja pohon kelapa agar buahnya bisa kita jadikan Minyak Kelapa murni. Dengam begitu kita sudah mengatasi masalah keuangan untuk belanja sembako. Selain untuk pakai sendiri, kita juga bisa dapatcuang dengan menjual Minyak Kelapa sendiri”. (Yan Salasa)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*