Ratusan Eks Karyawan Gelar Aksi Pemblokir Jalan Masuk PT Delta

Spread the love
  • 29
    Shares

Kapolres dan Dandim 1310/Bitung Sukses Me-mediasi Kedua Kubu Bertikai

BITUNG, IdentitasPrime – Aksi lanjutan pemblokiran akses jalan masuk ke PT DPI dibawah pimpinan Adnan bin Awad buntut dari dipecatnya 100 orang eks karyawan perusahaan tersebut, berlangsung seru pada Sabtu (30/06), sekitar pukul 07.00 Witta.

Aksi ini mengakibatkan kurang lebih 400 orang karyawan, tak dapat masuk bekerja sehingga terjadi aksi perlawanan dari karyawan PT DELTA. Perusahaan ikan di Kelurahan Girian Bawah Lingkungan IV Kecamatan Girian Kota Bitung itu langsung menjadi ramai oleh hiruk-pikuk dsn adu mulut antara para pendemo dan karyawan.

Menilai suasana sudah memanas dan berpostensi meningkat ke adu fisik, aparat Kepolisian dr Polres Bitung dibantu anggota Kodim 1310/Bitung yang dikenal cepat mengantisipasi, berusaha menetralisir kejadian guna menghindari aksi bentrok.

Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK dan Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos turun langsung ke lokasi kejadian guna melakukan mediasi dengan pihak karyawan aktif.
“Demo dan Unras damai itu adalah hak setiap Warga Negara Indonesia, apalagi bertujuan menyampaikan pernyataan sikap. Namun sebagai aparat hukum dan filter perdamaian ditengah masyarakat, maka kami dari TNI/Polri menghimbau agar tidak melaksanakan kegiatan yang bersifat anarkis sehingga berujung bentrok,” tutur Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting.
Kapolres juga meminta agar kedua belah pihak mentaati hasil pertemuan di Polda pada 29 Juni 2018 yang intinya memediasi dan menyelesaikan permasalahan di PT Delta Pasifik Indotuna.
“Mari kita sama-sama tunduk pada aturan dan tatanan hukum yang sudah ditangan aparat hukum agar tak ada yang dirugikan,” ajak Ginting.

Sebelumnya para eks karyawan PT Delta telah mengetehui serta wajib mentaati keputusan perusahaan yaitu, PHK secara bertahap terhadap semua karyawan baru dan karyawan lama kecuali Security, karyawan Staf dan kepala Bagian yg dipertahankan/bekerja hanya yang dibutuhkan selain itu di PHK.

Beberapa waktu kemudian, Dandim 1310/Btg Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos dan Kapolres Bitung Philemon Ginting, SIK melaksanakan mediasi dengan pihak Ex Karyawan PT. Delta Pasifik Indotuna, dipimpin Presiden KIBAR, Andreas Lasut, SH STh MTh yang intinya adalah agar segera membubarkan diri dan tidak ada lagi kegiatan pemblokiran perusahaan, sebab mulai hari Senin, pihak perusahaan akan melaksanakan PHK secara bertahap terhadap semua karyawan yang aktif, kecuali Security.

Sekitar pukul 11.00 Wita, para karyawan aktif PT Delta Pasifik Indotuna membubarkan diri. Sedangkan pihak Eks Karyawan, masih bertahan di tenda depan perusahaan, diawasi oleh Polres Bitung dan Kodim 1310/Bitung.

Perlu diketahui bersama, aksi pemblokiran akses masuk ke PT Delta oleh ex karyawan adalah akibat di PHK nya karyawan sebanyak 512 orang tanpa ada pesangon.(7o)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*