RATUSAN SISWA SMAN 1 KOTAMOBAGU DEMO MENUNTUT PERGANTIAN KEPSEK

Spread the love
  • 4
    Shares

KOTAMOBAGU, IdentitasPrime – Ratusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN) 1 Kotamobagu menggelar aksi di Sekolah yang terletak di Jalan Arif Rahman Hakim, Kamis (30/8) sekitar pukul 08.00 wita.

Para siswa yang melakukan demo tersebut, menuntut agar kepala SMAN 1 Kotamobagu Nursiati Pobela, diganti karena dinilai tidak ada keterbukaan mengenai penggunaan Dana BOS dan Komite Sekolah.

Ungkapan Koordinator lapangan M Safei Korompot bahwa mereka menduga ada penyelewengan Dana BOS dan penggunaan Dana Komite selama beberapa tahun ini, “karena sejauh ini penggunaan dana tersebut tidak jelas,” semburnya.

Dia juga meminta agar pemerintah melakukan audit terhadap sekolah tersebut. “Kami minta sekolah ini diaudit oleh yang berwenang, termasuk dana untuk kelas bimbingan khusus (Binsus) Rp1 juta yang harus dibayarkan dalam waktu 1 Minggu, sedangkan tidak semua orang tua siswa yang berada dalam kelas Binsus tergolong orang mampu,” tutur Safei.

Salah satu siswa yang minta namanya tak ditulis ketika diwawancarai mengatakan bahwa mereka tidak setuju dengan biaya yang memberatkan mereka.
“Jangan beratkan kami dengan biaya.Lagipula ekonomi kami tidak seperti dengan orang tua siswa lain,” pintanya.

Ketua Komite SMAN 1 Kotamobagu Amir Halatan menjelaskan terkait dengan  uang Komite adalah merupakan persetujuan bersama dengan orang tua siswa saat rapat Komite.
“Tahun 2017 uang Komite Rp400 ribu, tapi pada 2018 ini naik menjadi Rp1 juta. Kenaikan tersebut sudah disetujui saat rapat bersama orang tua,” tutur Amir.

Demikian pula Kepsek SMAN 1 Nursiati Pobela. Ia menegaskan tidak ada penyelewengan Dana BOS.
“Semuanya transparan, dan kami akan pertanggungjawabkan. Persoalan permintaan pergantian Kepsek, itu ranahnya Dinas Pendidikan Provinsi, karena tugas saya hanya mengabdi sebagai guru,” seru Kepsek, sapaan akrab wanita yang akrab juga disapa Mama Mentari itu.(Feky Sajow)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*