RENTAN LAKA LANTAS, SISWA SMPN 4 KOTAMOBAGU DILARANG BERSEPEDA MOTOR KE SEKOLAH

Spread the love
  • 9
    Shares

KOTAMOBAGU, IdentitasPrime – Terkait sering terjadinya peristiwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) kendaraan roda dua (R2) menjadi pertimbangan pihak SMPN 4 Kotamobagu, melarang keras siswanya membawa motor.
“Seluruh siswa SMPN 4 Kotamobagu dilarang membawa motor ke sekolah, ketika didapati pihaknya langsung memerintahkan motor tersebut segera di pulangkan dan memanggil orang tua siswa menghadap,” tegas Kepala SMPN 4 Kotamobagu Erni Mokodompit M.Pd kepada media ini, Kamis (22/03 2018).
Kata Erni pemberlakuan larangan siswa SMPN 4 Kotamobagu membawa motor sudah lama dilakukan, tinggal terus diulang dan diingatkan kepada seluru siswa, guru hingga orang tua siswa, bakal ada sanksi bagi mereka yang melanggar aturan.
“Tindakan tersebut dilakukan karena masih muda dan belum bisa diberi izin mendapat surat izin mengemudi (SIM) oleh polisi,” tuturnya.

Pihak sekolah bersama dengan guru-guru secara rutin dan terjadwal melakukan sosialisasi mengenai hal tersebut dengan pihak terkait dalam hal ini satuan lalu lintas (sat lantas) Polres Bolaang Mongondow (Bolmong).
“Ini juga wujud membantu semua pohak menyelamatkan anak-anak sekolah dari bahaya bermotor,” pungkasnya.
Terpisah AKP Arke Palundun kepala sat lantas Polres Bolmong menyambut baik langkah yang dikeluarkan pihak SMPN 4 Kotamobagu melarang siswanya membawa motor.
Menurut Arke Palundun bahwa memang sangat jelas dalam regulasi aturan berlalu lintas usia dibawah 17 tahun tak bisa diberi SIM,” .
Sangat disayangkan saat ini masih sering ditemukan di jalan raya, pemotor tak patuhi aturan berlalu lintas. Ironis dainatara pemotor itu ada yang masih remaja.
“Kami terus dan tetap melakukan sosilisasi, imbauan hingga tindakan persuasif serta prefentif di lapangan agar mereka sadar,”.
Sat lantas Polres Bolmong mencatat peristiwa laka lantas di wilayah Bolmong saat operasi lilin Samrat 2017 lalu ada enam orang korban meninggal, luka ringan dua dan luka berat satu orang.
Sedangkan untuk peristiwa kecalakaan lalu lintas ada lima kasus.
Diharapkan juga kepada seluruh pengendara yang ada di BMR agar supaya lebih berhati – hati dalam mengedarai kendaraan karena sudah pasti keluarga menunggu dirumah, pastikan kita dalam keadaan sehat.(Feki Sajow)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*