Rumah Warga Maumbi Ludes Terbakar Dipagi Hari

Spread the love

Untunglah Satlantas Polres Minut Siaga Atasi Kemacetan

Minut, IdentitasPrime – Diduga akibat korsleting arus listrik, rumah milik keluarga Katopo-Imbang di Desa Maumbi Jaga I Kecamatan Kalawat hangus terbakar di pagi hari.
Menurut keterangan saksi di tempat kejadian api mulai menyala pada jam 6.00 wita. Namun keluarga berusaha untuk memadamkan sendiri.
Sangat diaayangkan upaya warga tidak membuahkan hasil. Bahkan sekitar jam 6. 45, mendadak api kian besar dan tidak bisa dikendalikan lagi.
Wargapun panik kemudian menelpon pemadam kebakaran.
Hukum Tua Desa Maumbi Jemmy Kalengkongan yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, kejadian ini diduga bermula dari hubungan arus pendek sehingga listrik di bagian tengah ruangan, korsleting.
“Dugaan sementara api berawal dari korsletingnya arus listrik yang ada di bagian tengah ruangan. Penghuni rumah tersebut ada 7 orang. Rumah ini dibuat beberapa bilik untuk usaha dagang barang-barang kelontong dan kuliner,” terang Kalengkongan.

Terpantau beberapa saat kemudian kurang lebih Enam unit mobil pemadam kebakaran dari Dinas Damkar Minut dan Kota Manado, serta Provinsi Sulawesi Utara dari dua penjuru meraung-raung mendatangi lokasi kejadian.
Damkar dari Kota Manado mengawali pemadaman, menyusul kemudian dari Minut dan dari Provinsi Sulawesi Utara.
Api kemudian dapat dikendalikan sekitar jam 7.40 sehingga tidak merambat ke rumah lainnya yang berdempet dengan rumah Keluarga Katopo-Imbang.
Menurut Kepala Dinas Kebakaran dan Pol-PP Theodorus Lumingkewas yang turun lamgsung ke lokasi kebakaran, analisa sementara, penyebab kebakaran ini masih akan ditelusuri. “Kami belum bisa memberikan keterangan lebih jauh, untuk penyelidikan nanti diserahkan kepada pihak kepolisian,” ujar Luminkewas.

Kapolsek Airmadidi AKP Edi Susanto yang ditemui juga membenarkan bahwa penyebab sebenarnya masih akan diselidiki.
“Saat ini bersama Damkar Minut, kita konsentrasi dulu memadamkan api,” ujar Susanto.
Akibat dari kebakaran ini diperkirakan keluarga mengalami kerugian ratusan juta rupiah yang terdiri dari fisik bangunan maupun meubel dan barang elektronik.
Sedangkan Ventje Katopo 60-an mengalami luka bakar ringan dibagian punggung, kedua tangan dan wajah. Ventje dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.
“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini,” tutup Kapolsek Airmadidi, AKP Edi Susanto.

Kebakaran ini membuat Lantas Polres Minut bekerja keras mengalihkan kendaraan dari lokasi kejadian yang terletak di ruas jalan Manado-Bitung. Kemacetan mencapai 2 km dari kedua arah, karena pada saat peristiwa terjadi bertepatan dengan warga yang hendak ke tempat kerja.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*