Sekda Minut Kunker Ke Desa Kahuku Di Pulau Bangka

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Ir Jemmy Kuhu MA gelar kunjungan kerja (Kunker) ke Pulau Bangka, tepatnya di Desa Kahuku Kecamatan Likupang Timur Senin (23/10).
Dalam kunjungan kerja ini Kuhu didampingi Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Dr Cakrawira Gundo M.Si, Plt, Kadis Pendidikan Nasional Sofitje Wolajan SE MM, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jofieta Supit, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Drs Maximilian Tapada M.Si, Plt Kadis Perindustrian Royke Kodoati.
Rombongan juga didampingi Camat Likupang Timur Doni Rondonuwu dan Wakapolsek Likupang Iptu Ade Tatang.

Di Desa Kahuku, rombongan Sekda disambut Hukum Tua Kahuku Imanuel Tinungki bersama perangkat desa dan warga yang langsung menggelar pertemuan di balai desa.
Manurut Sekda Ir Jemny Kuhu, kunjungan kerja ini dilakukan untuk memonitor perkembangan pembangunan desa-desa khususnya yang ada di Pulau Bangka.
“Kunjungan kerja ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Minut terhadap Desa yang ada dipulau. Kami ingin melihat dari dekat akan perkembangan pembangunan yang ada di Desa Kahuku, terutama terkait dengan penggunaan Dana Desa yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat. “Sejak saya diangkat sebagai Sekda Minut oleh Gubernur Olly Dondokambey, baru kali ini saya berkunjung ke Desa ini. Hal ini dimaksud untuk melihat dari dekat akan pembangunan di desa, sekaligus juga mendengar perkembangan terkait masalah-masalah sosial yang terjadi di desa ini,” ujarnya.
Untuk pengawasan penggunaan dana desa, lanjut Kuhu, baru saja ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Desa dan Polri, bahwa untuk pengawasan dana desa ini akan ditangani oleh Kepolisian RI. Hal ini erupakan petunjuk Presiden RI Joko Widodo.
“Hal ini tentunya perlu diketahui oleh pemerntah desa, sehingga penggunaan dana desa ini akan sesuai dengan aturan yang ada, karena pelanggaran atas penggunaan dandes ini akan langsung berurusan dengan pihak kepolisian, oleh sebab itu Wakapolsek Likupang Iptu Ade Tatang juga ikut hadir di sini,” tukas Kuhu.
Usai pertemuan Kuhupun langsung melakukan kunjungan ke beberapa proyek yang ada di desa Kahuku dan Desa Ehe yang letaknya berdekatan. Diantaranya, pembangunan rehab ruang kelas SD GMIM Kahuku dan kantor desa dan pagar Desa Ehe yang dibangun dengan menggunakan dandes.
Kunjungan akhirnya berlanjut di SMP Nasional Kahuku untuk mengklarifikasi akan laporan orang tua murid dimana siswa yang ada di sekolah tersebut oleh oknum kepsek diperintahkan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan untuk kepentingan pribadi.(Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*