Sepakat Bela NKRI Bersama, Polres Minut, Kodim 1310/Bitung, segenap Forkopimda dan Tomas Gelar Coffee Morning

Spread the love

Thema: MENOLAK RADIKALISME, TERORISME DAN INTOLERANSI SERTA MENDUKUNG KELANCARAN PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN

MINUT, IdentitasPrime – Menyikapi situasi yang cukup tegang mejelang pelantikan Presiden RI pada Minggu (20/10), Polres Minahasa Utara melaksanakan Coffee Morning di ruangan rapat Maolres Minut, pada Jumat (18/10).

Setelah dibuka dengan Doa, selaku tuang rumah, AKBP. Jefri R.P. Siagian S.I.K (Kapolres Minut) menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran hadirin.
“Coffe morning ini sebagai ajang kita bisa berdiskusi terhadap hal-hal yang ada di tengah-tengah masyarakat sehingga kita bisa menarik suatu kesimpulan positif yang dapat kita sampaikan kepada masyarakat,” tutur Siagian.
Setiap permasalahan yang kita bawa dalam rapat kordinasi, lanjut Siagian, solusi pasti dapat dicari, contohnya menolak terhadap suatu bentuk radikalisme, intoleransi, teroris yang muncul disekitar kita.
“Intinya kita di tengah-tegah masyarakat sama-sama bisa mengajak bagaimana kita bisa menemukan ketenangan keamanan di wilayah lain jangan sampai ada sesuatu yang bisa mengganggu ketenangan di wilayah kita,” tandas Kapolres Minut.

Giliran Wakil Bupati Minut Ir. Joppi Lengkong yang juga salah satu petinggi Panji Josua GMIM Minut mengatakan, Kabupaten Minahasa Utara adalah tanah yang diberkati oleh Tuhan dan daerah yang sangat potensial strategis ke depan boleh dilirik oleh Bapak Presiden sendiri sehingga kita satu-satunya mungkin di Sulawesi Utara.

“Jalan tol kita ini sebentar lagi akan selesai dengan demikian sektor pariwisata dan industri cukup menjanjikan. Dan ini apabila diganggu oleh paham terorisme dan intoleransi dan lain-lain hoax, tak bolwh terjadi. Mari kita kawal kawal bersama-sama acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tgl 20 Oktober karena acaranya hari Minggu 20 Oktober nanti,” ajak Lengkong.

Selaku palang pintu Pertahanan Keamanan (Hankam) di Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara, Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos mengklaim bahwa slogan yang dimiliki oleh Sulawesi Utara, Torang Semua Ciptaan Tuhan, sangat bagus.
“Dan kewajiban kita sebagai manusia kita menjaga persaudaraan kita menjaga toleransi sehingga kehidupan masyarakat kita bisa rukun damai tentram. Dwngan begitu, Kabupaten Minut yang kita cintai in bisa terhindar dari kegiatan-kegiatan radikalisme, terorisme dan intoleransi,” tukas Perwira Menengah yang akrab disapa Bang Nandar itu.
Dikatakan Dandim, dalam Pancasila nilai-nilai yang tersirat dari Sila Pertama, diyakininya banyak yang tidak paham apa yang tersirat dalam Sila Pertama itu.
“Dan jika kita laksanakan sepenuhnya, saya yakin setelah kita melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat, maka akan tumbuh rasa persaudaraan tinggi, yang tak dapat digoyahkan oleh pahak penyesatan merongrong Keutuhan NKRI. Ingat, tugas NKRI ini merupakan tugas kita semuanya,” pungkas Dandim sembari menambahkan, dengan saling memberikan masukan melengkapi sehingga kehidupan kemajuan tentang kabupaten, ini merupakan tugas kita semua. “Mari kita bareng-bareng memajukan sehingga terhindar dari kegiatan radikalisme terorisme intoleran, NKRI Harga Mati”.

Ketua DPRD Minut, Denny Lolong, Mohamad Soleh, SH,MH, Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi, Ketua MUI Minahasa Utara H Baydowi Ibnu Fajar dan lainnya, menyampaikan amanat dan harapan serupa, dengan tujuan sama, yakni tolak paham radikalisme, terorisme dan intoleran.

Inilah seluruh hadirin dalam Coffee Morning Dialog Persatuan Indonesia tersebut;
1. Wakil Bupati Minut, Ir Joppi Lengkong
2. Sekda Minut, Ir Jemmy Hengky Kuhu,MA
3. Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos
4. Ketua DPRD Minut, Denny Lolong
5. Ketua PN Airmadidi, Mohamad Soleh, SH,MH
6. Wakapokres Minut, Kompol Refli B. Kaunang
7. Asisten I Pemkab Minut, Dr. Jane M.S Symons, M.Kes
8. Staf ahli Gubernur Sulut, Husein Tuahanus SH
9. Ketua Bawaslu Kab Minut, Simon Awuy SH
10. Komisioner KPU Minut, Hendra Lumanaw
11. Kasie Datun Kejari Minut, Ibu Devie
12. Kabid Kewaspadaan Dini Kesbangpol Minut, Daniel Komenaung
13. Para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira Jajaran Polres Minut.
14. Noldi Awuy Ketua LSM Minut Connetion
15. Ketua MUI Minahasa Utara H Baydowi Ibnu Fajar
16. Pdt Ruben B.R Ketua FKUB Minut
17. Para tokoh agama dan tokoh pemuda.
18. Perwakilan ormas adat.

Pada tajuk pembacaan Ikrar Deklarasi damai tahun 2019 di ikuti seluruh para tamu undangan, hadirin melakukan foto bersama.
Di akhir Coffee Morning yang penuh makna itu ditutup dwngan Doa bersama sekaligus Doa penutup secara bergantian, sesudah Ketua MUI Minahasa Utara H Baydowi Ibnu Fajar, ditutup oleh Pdt Ruben B.R Ketua FKUB Minut.(Iwan/Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*