Taufik: Sobanyak ASN Pandang Enteng Pa Gubernur…

Spread the love

Manado, Kewibawaan Olly Dondokambey selaku gubernur sulut sepertinya mulai pudar. Aura yang mengarah ke prilaku pandang enteng itu justru muncul dari internal lembaga eksekutif. Minimnya kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendampingi gubernur dalam rapat paripurna DPRD Selasa (4/42017) menjadi barometernya.

Terpantau, sejak dimulai hingga paripurna berakhir, kalangan ASN Pemprov terkategori relatif sedikit yang hadir dalam agenda resmi DPRD tersebut. Realitanya, deretan kursi yang disiapkan untuk kalangan ASN, terlihat banyak yang kosong. Padahal di momentum ini, gubernur akan menyampaikan secara langsung nota perhitungan APBD Tahun Anggaran (TA) 2016 atau lebih dikenal dengan sebutan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ).

“Entah apa yang mendasari hingga banyak birokrat semakin enggan hadir dan mendampingi pak gubernur dalam rapat paripurna DPRD,” celoteh salah satu penggiat jurnistik di sela-sela paripurna berlangsung.

Sementara itu, ketua Forum Wartawan DPRD Sulut, John Pangemanan menyesalkan kurang respeknya kalangan ASN mendampingi gubernur, meski hanya sekedar mendampingi kepala daerah dalam paripurna. “Ini tentu harus dievaluasi oleh kepala daerah,” tegas Pangemanan.

Pengamat politik pemerintahan, Taufik Tumbelaka bahkan mengganggap ini adalah prilaku pandang enteng dari birokrat kepada atasan. “Hal ini contoh yang buruk. Prilaku ini, identik dengan sikap pandang enteng terhadap gubernur,” tegas Tumbelaka.

Menariknya, prilaku mangkir dari paripurna bukan hanya dilalukan kalangan ASN, tapi juga dilakoni segelintir anggota DPRD Sulut. Faktanya, dari 45 penghuni gedung rakyat sario, hanya 31 legislator yang menandatangani daftar hadir dan menghadiri rapat paripurna.

“Sesuai daftar hadir, dari 45 anggota dewan 31 anggota telah menandatangani daftar hadir dan menghadiri paripurna. Melihat kehadiran, rapat paripurna dinyatakan qourum dan sah untuk dilanjutkan,” ujar ketua DPRD Sulut Andrei Angouw saat membuka rapat paripurna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*