Terlalu Banyak Ancam Kerugian Negara, JPKP Minut Janji Tak Main-Main Awasi Realisasi Dana Desa

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Keseriusan Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Minahasa Utara (JPKP Minut) dalam mengawasi Dana Desa selama ini, tak dapat dipandang sebelah mata.
Sampai hari ini, lembaga sosial kontrol besutan Presiden RI Joko Widodo ini telah mengoleksi banyak data dan informasi desa-desa yang bermasalah dengan realisasi penyaluran Dana Desa, bahkan beberapa diantaranya, sudah di laporkan ke Polres dan Kejaksaan Negeri Minahasa Utara.
“Berbicara peratnggungjawaban uang negara, jangan main-main, sebab kami tidak pandang buluh,” sembur Semmy Tuege Ketua JPKP Minut, Senin (22/7).

Sebagai salah satu lembaga perpanjangan tangan pemerintah, JPKP terus membuat terobosan dalam mengawasi semua proyek yang berbau Dana desa dan BUMDES.
“Semua ini dilakukan agar supaya dana yang sudah tertata tidak di salah gunakan lagi seperti sebelum-sebelumnya.,” tukas Tuege.

Ketua JPKP Minut dan Kapolres Minut

Dalam kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Likupang beberapa pekan lalu, kepala negara sempat mengingatkan Tuege, agar tidak segan-segan mengawal setiap temuan.

“Jika ada oknum hukum tua yang coba-coba bermain dengan Dana Desa kami tidak segan-segan turun lapangan dan mengumpul bukti yang ada, untuk di buat laporan ke polres atau pun ke kejaksaan. Dan sesuai amant Pak Presiden, jika ada yang menghalangi, kami akan buat tembusan ke pusat,” tegas Semmi Tuege.

Sebagai lembaga sosial kontrol, disamping mengawasi dan mengawal, ternyata JPKP juga punya program bantu masyarakat dalam hal pendampingan pengurusan surat-surat.
“Iya, salah satunya mengawal pasien yang sakit, untuk mempermudah dalam pengurusan Jamsostek,” pungkas Tuege. (Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*