Tim 2 Resmob Manguni Polda Sulut Ringkus Pentolan Curanik Pembobol Rumah di Minut

Spread the love
  • 19
    Shares

MANADO, IdentitasPrime – Keseriusan Polda Sulawesi Utara dalam memberantas aneka penyakit masyarakat (pekat) yang meresahkan masyarakat diwilayah hukumnya, sejak dikomando Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimmum) Kombespol Hari Sarwono SIK M.HUM, berbukti.

Ketajaman anggota Reskrimum, tak perlu diragukan lagi, terutama Tim 2 Reserse Mobil (Resmob).
Hari ini Tim 2 Resmob Manguni Polda Sulut melumpuhkan residivis kambuhan spesialis pembobol rumah, ANDRE MONDING alias JOMBANG, dan barang bukti kejahatannya, Kamis 18 Januari 2018, sekira pukul 13.00.

“Setelah lakukan pengembangan, kami langsung lakukan penyergapan dan penangkapan di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Minut,” beber Direskrimum Polda Sulut, Kombespol Hari Sarwono SIK M. HUM, melalui komandan Tim 2 Resmob, AKP Refly Sumampouw SE kepada media ini.
Rumah yang dicurigai aparat dan di grebek itu, lanjutnya, ditengarai merupakan tempat bersembunyi para begal, preman pelaku pencurian.

Setelah mematangkan strategi penggerebekan, Tim 2 Manguni pun bertindak, mendapati Andre Monding alias JOMBANG (22) yang tak miliki alamat tetap, kemudian meringkusnya saat itu juga.
“Tersangka sudah 2X masuk Penjara dalam kasus pencurian dan penganiayaan. Saat diminta menunjukan tempat penyimpanan barang bukti, Tsk berusaha melarikan diri, sehingga saat itu anggota langsung melumpuhkan dia dengan timah panas,” kata Sumampouw.

Inilah rangkaian TKP dan barang bukti hasil kejahatan Tersangka AM alias Jombang sampai dia dilumpuhkan Tim 2 Manguni Polda Sulut.

1. Perumahan puri kelapa gading paniki atas:
– 1 unit televisi
– 1 unit Hp samsung
– 1 unit Hp iphone

2. Maumbi Perumahan Viola
– 1 Unit hp xiaomi
– 1 unit hp samsung

3. Perumahan Jalan SBY
– 1 unit Hp cina 1

4. Perumahan Panamas Paniki Atas
– 2 unit Hp samsung
– 1 unit Hp Oppo 1

5. Perumahan permata di dua Kecamatan Talawaan
– 1 unit Tv 1

6. Perumahan Paniki atas
– 1 unit Laptop asus

Barang bukti yg telah disita dari TSK yaitu:
1. 1 unit TV merk Samsung
2. 1 unit TV merk sharp
3. HP Samsung
4. Hp oppo (korban Reklin Torar)
5. Xiaomi
6. Hp Cina
7. Laptop asus
8 Babuk Sajam 3 bilah.

“Modus operandi yang diterapkan Tsk saat beraksi adalah;
a. Sasaran rumah perumahan
b. Masuk rumah cungkel jendela
c. Kendaraan yg digunakan sepeda motor (telah disita),” urai Direskrimmum Polda Sulut Kombespol Hari Sarwono SIK M HUM.

Selanjutnya, timpal Sarwono, Tersangka diserahkan ke Polsek Dimembe/Polres Minut. “Karena semua TKP berada di wilayah hukum Polsek Dimembe dan Polres Minut, dan sesuai dasar Laporan Polisi yang ada, maka tersangka dan barang buktinya kami serahkan ke pihak terkait, untuk di proses lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku,” jelas Sarwono.
Perwira menengah yang pernah menjadi Kapolres Minut ini (Hari Sarwono red-), mengingatkan kepada masyarakat di penukiman padat seperti perumahan, agar tidak lengah baik berada dalam rumah, maupun hendak keluar rumah.
“Dimana saja aksi kejahatan selalu ada, setiap ada kesempatan. Sebelum aparat bertindak, sebaiknya masyarakat mengambil inisiatif terlebih dahulu dengan jalan, membangun komunikasi dengan tetangga dan pemerintah setempat, sebelum keluar rumah, hendaklah memeriksa pintu dan jendela, agar ada dalam keadaan tertutup rapat,” imbau Sarwono seraya menambahkan bahwa menghadapi para pelaku kejahatan, Reskrimum Polda Sulut dan jajarannya, tak mau main-main.
“Untuk para pelaku kejahatan, carilah pekerjaan yang tidak melanggar hukum, agar tidak berurusan dengan kami, ingat kami tak akan pernah berhenti membasmi pelaku kejahatan di wilayah hukum Polda Sulut,” pungkas perwira yang dikenal santun namun tegas itu.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*