Tim Kemendes Tertinggal Survei Lokasi Budidaya Kepiting Bakau Kecamatan Tamako

Spread the love
  • 14
    Shares

Warga Binabetengan Dapat Bantuan Alat Pengelolaan Sagu, 2000 alat Krep-ball, siap manjakan masyarakat

SANGIHE, IdentitasPrime – Potensi yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat startegis dimanfaatkan atau digunakan untuk kepentingan warga masyarakat jika dimanfaatkan seperti pembudidayaan Kapiting Bakau.
Senin (7/5) terkait informasi disampaikan warga masyarakat Kalama Darat yang mana hari itu survei dilakukan dari Kementrian Desa Tertinggal didampingi oleh Dinas Pemberdayaan Desa, tidak ditampik Kabid Pembangunan dan Pengembangan SDA pada DPMD, Hasim Samalam S,Sos.
“Kami mendapatkan tugas dari Kepala Dinas DPMD, untuk medampingi Pak Sutriono dan Pak Robi dalam pemberian bantuan Krepball atau tempat budidaya Kepiting Bakau yang dilakulakun survei dilokasi yang layak atau tepat sasaran,” katanya.

Ini dilakukan, lanjut Samalam adalah dalam rangka budidaya Kepiting Bakau, “Sehingga untuk sementara disampaikan Kecamatan Taamako merupakan wilayah Mangro untuk 4 kampung kelama darat,pananaru termasuk dua kampung tersebut,” jelas Hasim.
Survei, timpal dia, dilakukan selama dua hari dibeberapa kecamatan. “Jadi, tim yang dipimpin oleh Pak Sutriono dan Pak Robi dari Kementrian Desa Tertinggal, dipisah menjadi dua tim dalam praktik dan tujuan yang sama,” ujarnya.

Adapun batuan yang diberikan, yakni mesin pengolahan Sagu yang nantinya akan dipusatkan di Kecamatan Manganitu, di Kampung Binabetengan yang memiliki pohon Sagu paling banyak sesuai survei serta persyaratan.
“Diharapkan pada Pemerintah Kampung Binabetengan mampu menyiapkan lahan Alat Sagu berukuran 10 X 15 M. Itu harapan dari pemerintah pusat terkait itu juga untuk budidaya Kepiting Bakau, akan disediahkan 2000 alat Krep-ball untuk Budidaya Kepinting Bakau, dan ini juga merupakan usaha Pemerintah Kabupaten Sangihe terus berupaya melakukan lobi ke pemerintah pusat,” tegas Samalam.(Jan Salasa-Dolongseda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*