TINGKATKAN GIZI KELUARGA DANDIM 1310/BITUNG LEWAT TANAMAN HIDROPONIK

Spread the love
  • 4
    Shares

BITUNG, IdentitasPrime – Tanaman Hidroponik adalah tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah, melainkan dari batu apung, pecahan batu bata, atau pecahan genteng.
Tanaman hidroponik merupakan salah satu contoh kemajuan dan industri yang telah dicapai di dunia.
Karenanya, Komandan Kodim 1310/Bitung Letnan Kolonel Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos kini mengembangkan Tanaman Hidroponik ini dengan memanfaatkan lahan terbatas untuk bertanam di Makodim 1310/Bitung, (4/7/2018).
“Keuntungan hidroponik di bidang ekonomi antara lain, Mudah ditanami. Tanaman bisa tumbuh di mana saja asalkan kebutuhan pertumbuhannya terpenuhi,” jelas Dandim.
Salah satu kemudahan juga, lanjut Dandim 1310/Bitung, hanya menggunakan air dibandingkan dengan berkebun secara tradisional (berbasis tanah); Menyediakan lingkungan yang steril untuk produksi tanaman.
“Teknik bercocok tanam secara hidroponik tidak memerlukan pestisida, pupuk, dan bahan kimia lainnya sehingga tidak ada kemungkinan kerusakan akibat penyakit dan hama yang ditularkan melalui tanah,” jelas Dandim.

Disisi lain, tanaman tumbuh dua kali lebih cepat dengan berkebun hidroponik. Hasilnya berlipat ganda sehingga banyak produksi dari jumlah ruang yang sama.
“Dari tinjauan kesehatan sayuran hidroponik ini lebih alami, karena ditanam di media yang sangat bersih sehingga bebas e colli, steril tanpa pestisida dan lebih tahan lama,” urai Dandim.
Dandim 1310/Bitung juga berharap kepada seluruh personel militer dan PNS Kodim 1310/Bitung untuk dapat mengembangkan teknik tanaman Hidroponik ini.
“Kenapa, sebab dari segi ekonomi dan gizi sangat menguntungkan dan bisa ditanam berbagai macam tanaman sayuran seperti sawi, bayam, kangkung, serta tanaman yang lainnya.(Noval)

Diposting oleh Kodim 1310 Bitung di July 04, 2018

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*