VAP Berantas Pungli Lewat GNNT

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang diserukan pemerintah pusat, langsung direspon Pemerintah Minahasa Utara (Minut). Implementasi GNNT, ditunjukan Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) lewat surat instruksi.

“Program GNNT sangat bagus, dan seruannya sudah disebarkan lewat instruksi yang dikeluarkan Bupati VAP ke masing-masing Perangkat Daerah (PD) untuk memaksimalkan GNNT,” kata Armando Nuah selaku Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan di Badan Keuangan Minut, Sabtu (7/10) 2017.

Implementasi GNNT di Minut, lanjut Nuah, sudah dipraktekan sejak September lalu, dimana dalam proses pencairan dana langsung ditransfer ke rekening masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN). Seperti, pencairan dana tunjangan kinerja daerah (TKD) maupun honor pegawai.

“Kalau dulu TKD atau honor maupun sejenisnya itu pencairan biasanya lewat rekening bendahara, kemudian diberikan ke masing-masing ASN maupun honor secara tunai. Sekarang, sudah tidak lagi, dana apa pun yang menjadi hak ASN maupun honor itu langsung cair melalui rekening mereka langsung,” bebernya.

Sisi baik dari optimalisasi program GNNT sesuai instruksi Bupati VAP untuk Pemkab Minut, menurut Nuah adalah bentuk tindak lanjut dari pencegahan penyalahgunaan anggaran daerah yang bersumber dari rakyat.

“Ini bentuk pencegahan terhadap praktek pungutan liar (Pungli). Jadi jika ada berkas pencairan yang disodorkan PD namun tidak mencantumkan rekening masing-masing penerima, tentunya ditolak dan pencairan dananya tidak akan diproses,” tutupnya. (Red/Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*