VAP Dinobatkan Sebagai Pembina Utama Di Deklarasi 14 Ormas /Adat Sulut

Spread the love

Nova E Gosal: “Jangan sampe torang deng torang mo baku salah hanya karena… “

MINUT, IdentitasPrime – Sosok Bupati Minut, Vonnie Aneke Panambunan ternyata memiliki daya tarik tersendiri terutama dari segi kepemimpinannya yang cerdas, blak-blakan, namun memiliki karakter berani, patriotik tapi identik dengan religius.

Karena pribadi kharismatiknya itulah sehingga hari ini Rabu (8/11) di lapangan Airmadidi Minut, wanita yang akrab disapa VAP ini jadi maskot dalam Deklarasi Koalisi Mapalus, wadah persatuan semua ormas dan LSM di Sulawesi Utara (Sulut), yang bertekad menjaga Tanah Toar Lumimuut. Koalisi ini ada 14 LSM dan Ormas Adat di Sulut.

14 LSM dan ormas yang masuk dalam Koalisi Mapalus adalah Waraney Tanah Toar Lumimuut, Makatana Minahasa, LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), Makapetor, Brigade Manguni, Mina’esa Tou Indonesia, Laskar Maesa, Maesaan Tou Malesung, Brigade Waraney Malesung, Benteng, Babontehu Bor, dan LSM BADAI.

Acara diawali dengan gelar ritual untuk memberi hormat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk selalu membimbing Tou Malesung serta meminta kepada Tuhan semoga melindungi Koalisi Mapalus, yang dipimpin oleh Tonaas Riri Lempoy Siow Kurur dengan bahasa adat.

Dalam gelar Koalisi inilah ke 14 LSM/Ormas sepakat menunjuk VAP sebagai Pembina Umum Koalisi Mapalus, karena menilai sosok Vonnie masih memiliki idealisme MAESAAN walau sudah menjadi seorang kepala daerah.

Pada sambutan Bupati Minut VAP mengatakan, seluruh LSM dan Ormas koalisi harus memberi diri untuk menjaga tanah Toar Lumimuut.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya Koalisi ini. Karena sangat membantu pemerintah. Terlebih khusus untuk menjaga Tanah Toar-Lumimuut dan menjaga Pak Gubernur Sulut atasan saya, dan saya serta masyarakat Minut tentunya,” kata VAP.

Di Minut, Bitung, Manado dan Minahasa Raya, urai Vonnie, banyak oknum dannkelompok yang suka memprovokasi masyarakat Minut, maupun dari luar Minut. Inilah salah satu tugas Koalisi untuk meredamnya.

“Saya harap Koalisi Mapalus ini bisa membantu TNI/POLRI menjaga masyarakat, agar tidak terpancing, terutama oleh masyarakat dari luar yang suka memprovokasi. Makanya, kita satukan hati mengusir, kalau kebobrokan sikap mereka tak dapat di bina, diusir. Dan kalau sifat buruknya tak berubah juga, kenapa tidak kita usir sekalian orang atau kelompoknya, “tegas VAP.

Dia juga mengaku sangat menaruh simpati terhadap cara kerja Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael yang saat itu turun langsung mengawal kegiatan yang dihadiri massa lebih dari 2000 orang dari beberapa wilayah itu.
Sebelum mengakhiri penyampaiannya, VAP mengajak hadirin menyankyikan lagu TUHAN PAKAILAH HIDUPKU, selanjutnya, ia memimpin doa bersama, meminta campur tangan TUHAN dalam setiap kiprah Koalisi Mapalus.

Ditempat yang sama, Nova E Gosal salah satu srikandi pemerhati adat, budaya dan tradisi MINAHASA, mengaku sangat menaruh simpati terhadap perhatian dan kecintaan Vonnie Aneke Panambunan terhadap adat, budaya dan tradisi di Tanah Malesung ini.
“Sudah jarang kita temukan seorang kepala daerah yang mau menyatukan diri dengan kultur, adat dan budayanya seperti Ibu Vonnie ini. Koalisi ini di bentuk untuk menjaga keutuhan NKRI, serta menjaga tanah Toar Lumimuut.
Kalau Koalisi Ormas/Adat memiliki penasehat umum seorang wanita seperti Ibu Vonnie, ibarat sebuah mesin cangih raksasa, Ibu Vonnie itu bagaikan perangkat pendingin untuk menetralisir segala hal didalamnya,” ujar wanita karier berparas cantik dari Kota Bitung ini.
Nova berharap adanya koalisi ini, keamanan dan kenyamanan masyarakat akan kian terpelihara karenanya. “Jangan sampe torang deng torang mo baku salah hanya karena sedikit perbedaan persepsi dan pendapat. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” pungkas Nova.

Ditambahkan Nouke Paat, Tonaas Senior Minut, Koalisi yang dibentuk ini, untuk menjaga persatuan kesatuan untuk menyatukan kebersamaan idealisme MINAESAAN, senasib, dan sepenanggungan dalam wujudkan masyarakat berbudaya.
“Untuk Tou Minahasa dan sekitar, bersama Ibu VAP, para petinggi organisasi, aparat pemerintah yang memberi diri dalam koalisi biarlah semakin hari semakin solid demi Miinaesa, Malesung, dan NKRI,” katanya.(ADVERTORIAL/Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*