Walau Kehilangan 3 Prajurit, Pasukan TNI Berhasil Patahkan Serangan Puluhan KKSB di Distrik Mugi Papua

Spread the love
Foto ilustrasi namun berkaitan dengan peristiwa

Diduga Kuat Lebih Dari Sepuluh KSSB Gugur Ditembak TNI

NASIONAL, IdentitasPrime – 25 Anggota Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum), yang sedang melaksanakan pengamanan dalam rangka proses pergeseran pasukan TNI tugas pengamanan pembangunan infrastruktur Trans Papua Wamena-Mumugu di Kabupaten Nduga Papua, di serang olwh terduga pihak KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) dipimpinan Egianus Kogoya di Distrik Mugi Kabupaten Nduga, Kamis (07/03/2019) sekitar pukul 08.15 WIT.

Satgas Gakkum yang baru saja tiba di Distrik Mugi itu mendadak diserang oleh puluhan orang KKSB bersenjata campuran, baik senjata standar militer maupun senjata tradisional seperti panah dan tombak dan parang.

Foto ilustrasi namun berkaitan dengan peristiwa

Dalam keadaan siap-siaga, pasukan Gakkum TNI pun meladeni dengan melakukan perlawanan terlatih sehingga membalikkan keadaan dengan memukul mundur kelompok KKSB sampai menghilang kedalam hutan belantara yang lebat itu.

Walau sukses menghalau para pemberontak, terinformasi ada 3 orang prajurit TNI gugur sebagai Pahlawan Bangsa, yaitu masing-masing, Serda Yusdin dan Serda Siswanto Bayu Aji, dan Serda Mirwariyadin.

Proses penjemputan jenasah 3 Prajurit Kusuma Bangsa

Sedangkan dari pihak KKSB, TNI berhasil merampas 5 (lima) pucuk senjata milik KKSB (jenis masih dalam penyelidikan), ditemukan satu orang mayat (identitas dalam penyelidikan), dan diperkirakan setidaknya 7-10 orang anggota KKSB juga tewas namun mayatnya berhasil dibawa kabur rekan-rekannya.

Dua unit Helly jenis Bell tiba dari Timika pukul 15.00 untuk mengevakuasi korban prajurit yang gugur, namun sebelum mendarat helly tersebut kembali mendapatkan serangan dari KKSB yang dibalas sengit oleh pasukan TNI, baik dari udara maupun dari darat sehingga helly berhasil mendarat dan proses evakuasi berhasil dilaksanakan.(Maxci)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*