Waoow …Unsulangi Minta Pemkab Minut angan Hilangkan Jabatan Maweteng

Spread the love

Airmadidi, Identitasprime. com – Adanya bocoran dan kebijakan Pemerintah yang bakal menghapus jabatan “Maweteng” di desa-desa, ternyata bakal mendapat penolakan besar dari ormas adat Mina’Esa (Minahasa).
Pasalnya, jabatan Maweteng (jabatan asisten Kepala Jaga atau Wakil Pala), dimata para tokoh ormas adat, jabatan Maweteng itu merupakan jabatan yang identik dengan tali kekeluargaan.
“Selain itu, seorang Maweteng kebanyakan sangat tahu persis dinamika dan urusan di desa-nya, termasuk adat budaya dan tradisi yang ada, yang ditinggalkan para leluhur dengan kandungan sistem kerja pemerintah yang tidak pernah berdampak buruk dari dahulu kala,” beber Tonaas Provost LSM Brigade Manguni Indonesia (BMI) Wanny Unsulangi, Senin (20/3) di Pemkab Minut.

Keberatan pihaknya, menurut Wanny bukan upaya melawan kebijakan pemerintah, tapi pemerintah juga harus ingat bahwa Negara Republik Indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Utara, adalah negara dan daerah yang didasari adat.
Disamping itu, ada juga Otonomi Daerah (Otda) yang mendukung pemerintah daerah mempertahankan hal-hal yang bermanfaat.

“Kenapa kita harus hilangkan jabatan Maweteng, sementara kekuatan dan persatuan di seluruh wilayah Minahasa Raya ini, terangkat dari desa-desa yang ada. Mari pertahankan adat,budaya dan tradisi seperti Jabatan Maweteng tanpa harus mengurangi tatanan peninggalan para leluhur, mari kita lihat salah satu peninggalan leluhur yang mulai terkikis habis. Bahasa, itu sudah berkurang dikalangan masyarakat, jadi sebaiknya pemerintah jangan lenyapkan jabatan dan sebutan Maweteng itu,” tandas Unsulangi.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*