Yasti Gusar Lihat Catatan Penyusunan Anggaran SKPD Yang Abal-abal

Spread the love

Dalam Rolling Nanti Yasti Bakal Bertindak Tegas

Bolmong, IdentitasPrime — Cara penyusunan anggaran di beberapa SKPD, telah membuat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, geram.
Pasalnya, disamping penyusunan anggaran perjalanan dinas, sudah tidak maksimal dan banyak item tidak masuk akal, banyak hal lagi yang dinilai mantan Anggota DPR-RI itu, tidak relevan.

Ada apa ini sebenarnya, masak sih masuk WC saja harus masuk dalam catatan anggaran, sembur Yasti.

SKPD yang menyusun anggaran perjalanan dinas dalam dua kategori, lanjut Yasti saat memberi ilustrasi, sangat keterlaluan.

“Coba bayangkan, pertama perjalanan dinas luar daerah Rp 1 miliar lebih, dan dalam daerah Rp 8 Miliar, luar biasakan. Sampai masuk WC saja harus pakai SPPD,” tukad bupati wanita pertama di Kabupaten Bolmong sejak dimekarkan itu.

Semburan Yasti Supredjo itu sontak mengundang tawa ratusan kepala desa yang kebetulan hadir dalam kegiatan penyerahan SPPT pajak Ramadhina Convention Hall Lolak pada Senin (7/8).

Menurut Yasti, ia sangat kesal dengan cara penyusunan APBD yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat. Untuk penyusunan anggaran di SKPD terpasak harus dipangkas karena sudah tidak tak maksimal.

“Banyak yang kita pangkas. Kalau sudah tidak masuk akal kita potong,” tukas Yasti seraya menambahkan, penyusunan anggaran swakelola di Dinas PU, anggaran yang disiapkan Rp 2 miliar. Namun dari rincian kegiatan itu, biaya tukang mencapai Rp 800 juta dan sisanya untuk bangunan.

“Nah, bagaimana para sarjana teknik di PU menghitung anggaran seperti itu. Harusnya swakelola itu lebih murah dari yang dikelola kontraktor,” katanya.

Penyusunan anggaran di Dinas PU merupakan salah satu contoh temuan disejumlah SKPD. “Ini bisa diukur tingkat kemampuan para kepala bagian, kepala seksi hingga kepala dinas untuk mengelolah anggaran. Dalam rolling yang akan dilaksanakan pekan ini, kita akan mengedepankan kualitas serta kompentensi para pejabat. Kalau memang tidak mampu masih ada yang lain untuk menggantikan posisi,” pungkas bupati enerjik itu (Feky Sajow)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*